Friday, June 5, 2009

POLITIK BERLANDASKAN IDEOLOGI



Hampir semua kalangan politik mempunyai ideologi,mungkin yang dimaksudkan itu hanyalah sebuah syarat pendirian lembaga politik,padahal sangat ideal sekali ideologi itu menjadi landasan politik termasuk didalamnya bernegara.
Ideologi itu sebenarnya merupakan bagian terpenting didalam lembaga politik,bahkan menjadi inti politik itu sendiri,untuk itu politik yang baik adalah menjunjung tinggi ideologi yang dipegangnya.
Saat ini ideologi hanyalah menjadi slogan latah lembaga politik,karena wacana ideologi ini hanya menjadi simbul sebuah lembaga politik,mereka cenderung terjebak dalam wilayah kepentingan materialisme belaka,sedangkan ideologi itu ada dalam wilayah spiritualisme, sangat ironis sekali kalau dibawa keranah ideal.

Tidak hanya itu,kami punya pandangan berbeda terhadap ideologi yang ada sekarang ini yang dipergunakan oleh lembaga politik yang ada, pandangan kami adalah tidak terlepas dari pengaruh sosial kultur yang dominan saat ini,yaitu sebuah pengetahuan yang tidak berlandaskan filosophi. Kebenaran tanpa filosophi hanyalah sebuah ideologi yang hanya mengandung nilai politik pemaksaan kehendak saja,bahkan dengan cara yang naif sekalipun dilakukannya.Padahal kebenaran yang diakui oleh berbagai pihak inilah yang mungkin dinamakan kebijaksanaan....dharma.

Tanpa mengurangi rasa sayang kami kepada ideologi termuda yang hadir dibumi ini,juga tidak bermaksud merendahkanya, sebagai negara yang sudah dewasa sudah saatnya menggunakan ajaran yang berfilosophi didalam menjalankan roda kehidupan dan bernegara,agar tercapai sebuah keindahan yaitu bersatunya banyak perbedaan yang ada ( bhinneka tunggal Ika).

Sebagai kesimpulan tambahkanlah kajian filosophi didalam menanamkan ideologi dalam mendirikan lembaga politik untuk kepentingan yang sangat mulya yaitu tercapainya kesejahteraan sosial dan kedamaian abadi.

Semoga kebaikan datang dari segala penjuru....

No comments:

Post a Comment